Penyebab Kaca Mobil Berembun, AC Nyala? Hujan? Simak

Penyebab Kaca Mobil Berembun – Berkendara menggunakan mobil memanglah sangat tidak menguras tenaga, terutama saat musim panas. Namun, saat cuaca hujan penyebab terjadinya embun pada kaca mobil membuat penglihatan jalan kurang fokus. Nah, simak penjelasannya di bawah ini terkait penyebab munculnya embun tersebut.

Tahukah kamu jika embun yang terdapat di kaca mobil menyebabkan rawan bahaya hingga menyebabkan kecelakaan jika tidak segera di atasi.

Bagi yang tidak tahu penyebab timbulnya embun maka akan kebingungan untuk mengatasi masalah tersebut baik di bagian dalam ataupun luar, karena kurang paham.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Pas Hujan, Tips & Trik!

Proses Terbentuknya Embun

Perbedaan suhu di dalam mobil dan luar mobil yang berakibat embun sebenarnya merupakan proses alami dan normal.

Proses terbentuknya embun di sebut dangan kondensasi, di mana udara yang panas tertahan oleh sebuah konduktor yang memiliki suhu lebih dingin. Kaca mobil sebagai sebuah konduktor karena dapat menghantarkan panas.

Penyebab Kaca Berembun

Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

Kamu dapat menganalisa penyebab kaca mobil berembun, berikut faktornya :

1. AC Off

Apabila kondisi luar sedang hujan dan kamu tak menyalakan Air Conditioner (AC), maka nantinya akan terbentuk embun pada permukaan kaca bagian dalam. Faktor tersebut karena suhu dalam kabin mobil lebih panas ketimbang di luar mobil.

2. AC On

Sedangkan kamu sudah menyalakan AC namun tetap memicu timbulnya embun, maka bisa di pastikan suhu AC yang kamu hasilkan memiliki suhu yang kurang dingin. Dengan begitu, maka lakukanlah dengan cara menurunan suhu AC supaya lebih dingin dan tidak ada embun lagi.

Namun, pabila embun tetap saja ada, bisa jadi AC mobil kamu sedang dalam masalah / ada kerusakan untuk menghasilkan suhu dingin.

Baca Juga : Intip Perbedaan Speaker Mobil dengan Speaker Rumah

3. Suhu Luar Panas

Nah, jika kamu sedang berkendara pada waktu malam hari dan suhu udara luar panas, dan AC kamu nyalakan. Otomatis embun akan muncul dengan sendirinya, ini sangat wajar terjadi karena adanya proses kondensasi alami.

Kamu hanya cukup membersihkan dengan menggunakan kanebo atau lap supaya tidak menghalangi jalan, bisa juga dengan cara membuka kaca mobil supaya segera hilang embunnya.

Cara Menghindari Proses Kondensasi

Cara Menghindari Proses Kondensasi

Jika kamu ingin menghindari terjadinya proses kondensasi, di sarankan kamu cukup melakukan perawatan AC secara berkala/rutin. Bisa kamu bawa ke bengkel terdekat untuk melakukan perawatan jika tidak tahu, biasanya minimal tiga bulan sekali filter kabin di bersihkan serta mengecek tekanan freon.

Tinggalkan komentar