Kuliner Jogja Enak “Wisata” Yang Wajib Kamu Datangin!

Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu destinasi yang sangat banyak peminatnya. Pasalnya, Jogja sendiri memiliki ragam keunikan mulai adat, budaya, wisata kuliner jogja enak dan yang lainnya.

Tempat wisata kuliner memang sangat vital bagi kalangan wisatawan, apalagi cari yang enak murah serta yang lagi hits di kalangan masa kini. Berlibur ke Kota Yogyakarta rasanya hampa jika belum menikmati beberapa aneka makanan Khas Yogyakarta yang enak.

Ada banyak tempat wisata kuliner Yogyakarta yang akan saya berikan rekomendasi, yang pastinya akan membuat kalian ketagihan dan ingin kembali lagi kesini karena rasanya benar benar menghanyutkan lidah kalian.

Yogyakarta mempunyai beberapa wisata kuliner mulai dari makanan tradisional, menu western hingga masakan khas nusantara. Jangan khawatir soal harga, karena banyak tempat makan yang murah meriah sampai yang mahal untuk para wisatawan.

Rasanya akan kurang apabila hanya satu atau dua hari singgah di Kota Yogyakarta untuk menjelajah wisata kuliner yang banyak sekali, mulai dari rasa yang manis, asam, pedas hingga rasa asin. Mari kita simak supaya kalian tidak kebingungan ingin menghampiri tempat kuliner di Yogyakarta.\

Baca Juga : Block Puzzle Tangram Penghasil Uang, Hasilkan Ratusan Ribu!

Wisata Kuliner Jogja Enak Yang Wajib Coba!

1. Gudeg Wijilan

Gudeg Wijilan Kuliner Jogja Enak

Gudeg merupakan salah satu makanan Khas Kota Yogyakarta loh, yang memberikan rasa manis untuk harimu. Maka dari itu jika kalian di Jogja belum mencoba mencicip kuliner gudeg rasanya kurang lengkap. Gudeg sendiri makanan yang di olah dari nangka muda yang di masak dalam kendi tanah liat hingga membutuhkan waktu selama berjam-jam.

Warna yang dihasilkan gudeg bukan memakai pewarrna buatan, melainkan pewarna yang alami dari daun jati yang merupakan alas saat nangka dan yang lainnya di masak di atas tunggu kayu bakar. Sajian gudeg biasanya dibarengi dengan lauk tahu bacem, tempe bacem, sambal goreng krecek, serta kuah areh yang membuat lengkapnya rasa gurih dan sedap pada gudeg.

Yogyakarta termasuk kategori kota pelajar, namun jangan salah, kota jogja juga tak pernah tidur karena masakan gudeg penjualnya silih berganti dalam menjual makanannya mulai dari dini hari sampai tengah malam. Makanan gudeg penjualnya hampir mencakup setiap sudut kota Jogja.

Akan tetapi daerah yang sangat menonjol makanan gudeg yaitu dari Wijilan dan Barek karena pusatnya disana. Tempat tersebut yang harus wajib kalian kunjungi saat berlibur, tempatnya nyaman dan dekat dari Keraton Jogja dan Alun-alun Utara. Hanya berjalan kaki sekitar 10 menit kamu bisa berwisata ke Kraton Yogyakarta.

2. Angkringan Kopi Joss

Angkringan Kopi Joss

Sudah pernah nongkrong di Angkringan Kopi Joss? Tempat ini sangat cocok untuk ngobrol saat berkumpul dengan teman-teman ber cerita kesana kemari. Dengan di suguhkan suasana yang ramai serta dekat dengan stasiun kereta yang akan memperlihatkan suasana Jogja makin kental.

Angkringan “kopi joss” merupakan kopi hitam panas yang di beri bara arang yang masih berwarna merah panas, yang menghasilkan bunyi “Joss” unik bukan. Tak hanya kopi saja, angkringan kopi joss juga menawarkan beberapa makanan seperti halnya makanan kucing, sate-sate an dan yang lainnya. Kamu bisa duduk di kursi maupun lesehan.

Konon katanya arang yang di sajikan dalam gelas kopi hitam itu akan menetralisir kandungan kafein sehingga aman untuk pencernaan tubuh. Lokasi tepatnya angkringan kopi joss bisa kamu tuju ke arah utara jalan malioboro, ini tempat yang wajib kalian kunjungi juga dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga : Kenapa Aplikasi TikTok Tidak Bisa di Update? Ikuti Caranya!

3. House Of Raminten

House Of Raminten Kuliner Jogja Enak

Kuliner jogja enak menyangkut di House of Raminten, menghadirkan menu tradisional yang menyajikan dengan cara yang elegan dan berkelas. Sehingga menjadikan nuansa yang berbeda, ini menjadi salah satu tujuan wisatawan yang banyak di kunjungi.

House of raminten sendiri merupakan sebuah rumah makan dengan menu tradisional seperti wedang sereh, tahu bola, cunduk, brongkos, sate lilit serta nasi kucing.

Sebelum kalian memasuki House of Raminten, kalian akan di suguhkan dengan sebuah kereta kuda di luar rumah makan tersebut. Saat kalian memasuki rumah makannya jangan kaget, kalian akan merasakan bau dengan wangi dupa yang khas serta ada iringan gending jawa yang mengalun di dalam rumah makan.

Pelayan yang ada di House of Raminten memakai pakaian khas yaitu kemben Jawa, untuk memanggilnya saat ingin memesan makanan kalian hanya memukul sebuah kentongan yang sudah di siapkan di meja makan. Lokasi tepatnya di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta.

4. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Agak melipir dari kota Yogyakarta, kini di daerah Bantul ada makanan Sate Klathak Pak Pong. Tempat wisata kuliner Sate Klathak sangat cocok untuk kalian yang menggemari daging kambing.

Sate Klathak Pak Pong memiliki rasa yang khas dan nikmat, di dapat dari olahan yang sederhana dengan menggunakan garam, merica dan kecap. Dengan olahan yang sederhana tersebut membuat ke khas an dari Sate Klathak semakin di kenal.

Yang di tonjolkan dari Sate Klathak Pak Pong pun berbeda layaknya sate biasa. Umumnya sate biasa daging di bakar hanya menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu, akan tetapi sate klathak pak pong menggunakan dari jeruji besi, yang katanya mampu membuat daging semua merata saat di bakar.

Hal positifnya jika menggunakan jeruji besi membuat ramah lingkungan karena bisa di gunakan berkali-kali yang bukan hanya satu kali terus di buang. Lokasi tepatnya sate klathak terletak di Jl. Imogiri Timur, Bantul, Yogyakarta.

5. Mie Ayam Bu Tumini

Mie Ayam Bu Tumini

Mie Ayam Bu Tumini merupakan salah satu wisata makanan mie yang lama terkenal di Jogja. Hampir setiap harinya penuh akan pengunjung yang berdatangan. Karena terkenal lama, pengunjung yang baru saja datang pun rela antri untuk memesan Mie Ayam Bu Tumini.

Mie Ayam Bu Tumini membuat mi dengan buatan rumah sendiri, dengan ukuran yang lumayan besar serta kenyal saat di makan. Khas dari mie ayam ini mempunyai kaldu kuah kental kecoklatan yang belum ada di manapun. Rasa yang di berikan sangat lezat, campuran rasa manis, gurih, serta rempah rempah yang menjadikannya rasa yang begitu nendang di makan.

Dalam sehari warung Bu Tumini bisa mengeluarkan 700 porsi mie ayam. Sehingga layaknya di kenal sebagai mie ayam terlaris di Jogja. Lokasi tepatnya Jl. Imogiri Timur, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Mulai buka pada pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Penutup

Sekian rekomendasi yang bisa saya berikan, jangan ragu untuk mampir ke beberapa tempat tersebut. Karena sudah banyak yang mengunjungi nya serta kemungkinan balik ke tempat itu lagi untuk menyantap makanan. Selamat berwisata di Kota Yogyakarta.

Terima Kasih

Tinggalkan komentar