Air Terjun Kulon Progo, Wisata Yang Asyik Harus Dicoba!

Musim liburan dan bersama musim panas memang asyik berwisata dengan bersentuhan air. Sepertinya sangat segar dan mengasyikkan. Salah satu destinasi wisata air terjun kulon progo menjadi tempat yang populer bagi kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara.

Kulon Progo merupakan daerah sisi barat Kota Yogyakarta yang menyuguhkan banyak destinasi wisata termasuk yang menonjol yaitu Air Terjunnya, sangat menarik dan tentunya masih asri dengan pepohonan yang begitu banyak sehingga menjadikannya tempat yang sejuk untuk berlibur tanpa kepanasan.

Di Indonesia sendiri siklus cuacanya hanya ada dua siklus yang mencakup kemarau dan hujan, wisata air sangat dicari oleh kebanyakan orang, maka dari itu menuju wisata air terjun sangat di rekomendasikan.

Baca Juga : Kuliner Jogja Enak “Wisata” Yang Wajib Kamu Datangin!

Wisata Air Terjun Kulon Progo

Air Terjun di Kulon Progo menjadi tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama teman-teman maupun anggota keluarga. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai rekomendasi Air Terjun di Kulon Progo yang bisa kalian kunjungi.

1. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka sendiri merupakan wisata yang kini banyak pengunjung berdatangan karena menyuguhkan pemandangan yang menarik. Dari pemandangan aliran air yang jernih, kolam renang alam berwarna toska yang jarang di temui di kota lainnya membuat mata serasa di manjakan olehnya. Fasilitas yang di berikan meliputi gardu pandang, jembatan bambu, spot foto, hingga spot untuk melompat ke arah kolam yang seru dan menantang untuk di lakukan.

Lokasi tepatnya terletak di Jl. Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk tiket masuk yang di berikan di Air Terjun Kemang Soka ini cukup terjangkau harganya yakni hanya Rp.10.000 per orangnya. Aksesnya tidak cukup rumit dan mudah ditemukan, jika kalian menggunakan roda mobil hanya dikenakan tarif parkir sebesar 5.000 dan untuk motor hanya 2.000.

2. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut

Selain Air Terjun Kembang Soka, kini Air Terjun yang berikutnya yaitu Air Terjun Kedung Pedut juga sudah banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Tempat dari Air Terjun Kedung Pedut cukup luas sehingga di manfaatkan oleh warga sebagai kolam alami yang memberikan warna jernih hijau toska, kedalamannya pun cukup dangkal akan tetapi jangan khawatir, sudah ada tempat untuk anak kecil yang ber tempat di bawah samping kolam dangkal.

Lokasi Air Terjun Kembang Soka tepatnya terletak di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Fasilitas yang di berikan di tempat ini meliputi spot berfoto helikopter, tempat santai di gubuk, jembatan bambu, flyng fox dan masih banyak lagi fasilitas yang lainnya.

Harga tiket masuk yang diberikan untuk pengunjung cukup terjangkau, hanya Rp.10.000 per orangnya dan bukan termasuk fasilitas seperti menggunakan wahana yang lainnya.

Baca Juga : Puzzle Star Apk Game Penghasil Uang: Caranya Begini!

3. Curug Keruncung Mas

Curug Keruncung Mas

Air Terjun Curug Mas salah satu pemandangan yang cantik untuk dikunjungi, nama dari Curug Keruncung Mas sendiri di kisahkan cerita dahulu karena ada banyak seklai ikan kuncung mas yang hidup di dasar kolam, akan tetapi sekarang sudah tidak ada.

Pemandangan alam yang di tawarkan tempat ini sangat menakjubkan. Selain itu, menyuguhkan enam tingkatan kolam yang memberikan kesan berbeda dari air terjun yang lainnya.

Warna yang di hasilkan dari air terjun keruncung mas berupa warna hijau toska yang sama seperti sebelumnya karena masih asri mata air uka yang buatan. Kedalaman nya pun ada yang dangkal sehingga pengunjung dapat melompat dari ketinggian dan bermain aktivitas keseruan.

Lokasi Air Terjun Curug Keruncung Mas tepatnya terletak di Jl. Sermo, Desa Banyunganti, Sukomoyo, Gunung Kelir, Kecamatan Jatimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya cukup strategis karena dekat dengan pemukiman warga, akses jalannya pun juga mudah untuk dilewati mobil.

4. Air Terjun Setawing Kulon Progo

Air Terjun Setawing

Wisata Air Terjun Setawing atau yang sering di sebut dengan sebutan Curug Setawing merupakan air terjun alam daerah perbukitan menoreh. Area Air terjun ini memiliki ketinggian 45 meter yang memberikan nuansa yang asri dan sejuk. Maka dari itu banyak pengunjung yang berdatangan ke tempat ini karena hawa yang dingin.

Salah satu daya tarik yang menonjol oleh Curug Setawing yaitu kontur air yang seperti tangga. Sehingga air yang mengalir akan mengenai anak tangga tersebut secara keseluruhan dan memberikan kesan pemandangan yang estetik. Kolam yang alami ini termasuk dangkal, maka dari itu pengunjung yang tak bisa berenang sebaiknya bermain di tepian kolam yang tidak dangkal.

Lokasi tepatnya Air Terjun Setawing ini terletak di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Fasitilas yang di berikan pun cukup lengkap, untuk menikmati di tempat ini kalian hanya perlu membayar Rp.7.000 untuk tiket masuk. Sedangkan untuk parkir kendaraan hanya sebesar Rp.3.000 roda dua hingga Rp.5.000 untuk kendaraan roda empat.

5. Curug Siluwok Kulon Progo

Curug Siluwok

Curug Siluwok memberikan arus air terjun yang tidak terlalu deras sehingga pengunjung dapat bermain air dengan sepuasnya. Selain arus yang tidak deras, curug ini memiliki ketinggian mencapai 20 meter. Akan tetapi ada yang tidak dangkal, sehingga cocok untuk berenang bagi yang bisa maupun tidak tergantung kedalaman saja.

Lokasi dari Curug Siluwok tepatnya di Jl. Keweron No.5, Keweron, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga untuk tiket masuk gratis loh. Kalian hanya membayar tiket parkir saja di sekitar lokasi dengan tarif Rp.2.000 untuk roda dua dan Rp.5.000 untuk roda empat.

Sekian ulasan dari saya terkait dengan Wisata Air Terjun Kulon Progo. Itulah beberapa wisata air terjun yang dapat kalian kunjungi. Pastinya akan menyenangkan dan tentunya menambah mood kalian. Selamat berwisata dan semoga dapat memberikan manfaat bagi semuanya.

Terima Kasih

Tinggalkan komentar